Wednesday, October 26, 2016

Mau Sehat? Lebih Baik Makan dan Minumlah sambil duduk


Assalamualaikum, Selamat pagi sobat semuanya, kesehatan dan kesehatan. Nah saya akan mengambil artikel ini tentang Makan dan Minum sambil keadaan posisi duduk. Dalam hadist kita dianjurkan untuk makan dan minum itu kita sambil duduk, 

Sobat semuanya ternyata, pada tubuh manusia terdapat sebuah filter/saringan yang bernama Sfringer, yaitu suatu struktur berotot/maskuler yang bisa membuka dan menutup, dan pada saat duduk, filter penyaring akan terbuka, kemudian sebaliknya akan menutup kembali ketika kita berdiri. Nah sobat Jadi, pada saat kita minum dalam keadaan sambil berdiri, maka filter dalam kondisi tertutup sehingga air tidak melalui penyaringan dan langsung masuk hingga ke kantong kemih.

Baca juga :
 
Jika air yang tidak difilter tersebut masuk ke kandung kemih, maka akan terjadi pengendapan di saluran ureter dan mengakibatkan gangguan pada ginjal, misalnya penyakit cristal ginjal. Nah sobat semuanya apabila kita dalam keadaan minum dalam kondisi duduk, maka posisi filter penyaring akan terbuka dan akan memproses air yang masuk sebelum akhirnya disalurkan ke berbagai organ lainnya dan diolah kembali hingga masuk ke dalam  kandung kemih.

Dalam sebuah pendapat menurut Dr. Abdurrazzaq Al-Kailani berkata:
 “Minum dan makan sambil duduk, lebih sehat, lebih selamat, dan lebih sopan, karena apa yang diminum atau dimakan oleh seseorang akan berjalan pada dinding usus dengan perlahan dan lembut. Adapun minum sambil berdiri, maka ia akan menyebabkan jatuhnya cairan dengan keras ke dasar usus, menabraknya dengan keras, jika hal ini terjadi berulang-ulang dalam waktu lama, maka akan menyebabkan melar dan jatuhnya usus, yang kemudian menyebabkan disfungsi pencernaan.”
 
Ada juga pendapat dari Dr. Ibrahim Al-Rawi yang menerangkan bahwa :
"Jika manusia pada saat berdiri, ia dalam keadaan tegang. Organ keseimbangan dalam pusat syaraf sedang bekerja keras, supaya mampu mempertahankan semua otot pada tubuhnya, sehingga bisa berdiri dengan stabil dan sempurna. Hal ini merupakan kerja yang sangat teliti yang melibatkan semua susunan syaraf terpenting pada saat makan dan minum. Sehingga untuk mendapatkan ketenangan itu adalah pada saat duduk, dimana syaraf berada dalam keadaan tenang dan tidak tegang, sehingga sistem pencernaan dalam keadaan siap untuk menerima makanan dan minuman dengan tepat dan terkontrol."

Bahkan Dr. Ibrahim Al-Rawi juga menekankan bahwa pada makanan dan minuman yang disantap pada saat berdiri, bisa berdampak pada refleksi saraf yang dilakukan oleh reaksi syaraf kelana(saraf otak kesepuluh) yang banyak tersebar pada lapisan endotel yang mengelilingi usus.

Refleksi ini apabila terjadi secara keras dan tiba-tiba, bisa-bisa menyebabkan tidak berfungsinya saraf (Vagal Inhibition) yang cukup parah, untuk menghantarkan detak mematikan bagi jantung, sehingga menyebabkan pingsan atau mati mendadak.

Ada juga yang menyatakan secara medis dan akupunktur , mengapa minum itu dianjurkan harus duduk. Tubuh manusia mempunyai suatu jaringan penyaring/filter. Kemudian Ada juga yang menyebut jaringan filter penyaring itu dengan nama sfringer, yaitu adalah rangkaian struktur maskuler/berotot yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup kembali. Nah tiap-tiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang berada di ginjal.

Pada sebuah filter penyaring ini akan membuka pada saat kita minum sambil duduk, dan tertutup disaat berdiri minum sambil berdiri. Maka, alangkah baiknya sobat semuanya pada saat minum jangan sambil berdiri, kalau minum sambil berdiri, maka yang terjadi adalah air akan langsung masuk hingga ke kantong kemih tanpa proses terlebih dahulu melalui tahap penyaringan. Nah ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan disaluran ureter.

Selanjutnya yang dikemukakan para dokter adalah :
 "Makan dan minum yang dilakukan dengan berdiri secara terus-menerus akan membahayakan dinding usus dan beresiko menyebabkan lukan pada lambung. Menurut mereka, 95 % luka pada lambung terjadi di tempat-tempat jalan masuknya makanan atau minuman. Saat berdiri, akan terjadi pengerutan otot pada tenggorokan yang menghalangi jalannya makanan ke usus secara mudah. Ini terkadang menyebabkan rasa sakit dan mengganggu fungsi pencernaan. Akibatnya, seseorang bisa kehilangan rasa nyaman saat makan dan minum."

Nah sobat semuanya alangkah baiknya kita sebagai manusia untuk makan dan minum itu dalam keadaan posisi duduk, hal ini banyak manfaat untuk kesehatan kita dan bisa membangun kebugaran dalam tubuh kita dalam menjalani segala aktifitasnya. Silakan berkomentar dengan sopan, karena manusia tidak lepas dari kesalahan. Semoga bermanfaat.

Artikel yang lainnya :




EmoticonEmoticon