Wednesday, November 30, 2016

Pengalaman Donor Darah dan Manfaatnya Bagi kesehatan - garo-Blog

garo-Blog.com -  Assalamu'alaikum selamat sore sobat semuanya semoga sobat semuanya dalam keadaan sehat dan bisa bersemangat lagi dalam menjalani semuanya dan bisa memberikan suatu manfaat dalam aktifitasnya.

Pengalaman donor darah dan manfaatnya bagi kesehatan nah sobat dalam sore menjelang malam ini saya akan memberikan pengalaman saya dalam donor darah, karena saya baru pertama kali mendonorkan darah waktu ada event dikampus dan disitu panitia penyelenggara acara event membuka stand dari Departemen Kesehatan yaitu donor darah dengan membwa sebuah mobil untuk tempat donor darahnya.

Waktu itu ada sebuah event kampus yang dilaksanakan oleh panitia dari Fakultas lain dengan tema tentang sebuah kesehatan, kebetulan saya beda fakultas jadi perkuliahan diadakan seperti biasanya,  dan setelah habis waktu perkuliahan pada waktu itu saya disuruh untuk mendonorkan darahnya yang diajak sama teman saya untuk mendonorkan darahnya.


Gambar by garo-blog.com

Donor darah Menyehatkan

Karena teman saya sudah melakukan donor darah sebanyak enam kali tentunya dia merasa tidak was-was lagi dan takut untuk mendonorkan darahnya karena dia merasa sudah biasa untuk mendonorkan darahnya, tapi dengan saya yang baru pertama kali tentunya merasa takut baru melihat jarum suntiknya juga udah lemas liatnya, hhehehheh.......

Dan waktu itu saya berniat untuk donor darah setelah diajak sama teman saya, tapi sebelum melakukan donor darah kita diarahkan sama petugas dari PMI nya untuk mengisi identitas yang tercantum di lembar pengisian yang telah disediakan dan kita juga di periksa terlebih dahulu untuk tensi darah nya apakah kita layak untuk diambul darahnya atau tidak.

Duhhh..setelah menunggu giliran untuk naik ke mobil untuk pengambilan donor darahnya serasa takut dan rasanya campur aduk, dan akhirnya nama saya dipanggil sama petugas PMI nya dan masuklah saya ke mobil dan disuruh berbaring di tempat yang sudah disediakan dan petugas PMI sudah membuka jarum untuk pengambilan darah dari lengan saya dan melihat jarumnya juga gak tahan dan beda dari jarum suntuik lainya, dan akhirnya jarum menancap di lengan saya, hhehehe...

Gambar by google.com


Tapi sembari menunggu kantung darah belum penuh sambul bercerita sama petugasnya dan dia memberitahu tentang donor darah, ternyata memang bagus sekali kita untuk mendonorkan darah karena akan menyehatkan tubuh kita sobat ternyata.  Dan tentunya kita sebagai pendonor juga harus memastikan jika dirinya sedang dalam kondisi kesehatan yang baik, kenapa demikian? karena hal ini untuk menghindari suatu permasalahan kesehatan pasca transfusi serta bagi mereka yang menggunakannya.


Gambar by google.com


Menurut pakar kesehatan dalam donor darah rutin tiap 3 bulan sekali, pada waktu donor yang paling cepat 75 hari/2,5 bulan. Maka dalam waktu 1 tahun maksimal diperbolehkan donor hanya 5 kali. Waktu donor yang tidak tepat justru akan mengurangi manfaat donor. Karena dalam jarak waktu 3 bulan semua komponen darah yang sebelumnya telah dikeluarkan akan kembali ke dalam keadaan awal sebelum donor. Tetapi jika donor darah sobat dilakukan terlalu sering atau melebihi waktu yang ditentukan justru akan berdampak buruk bagi donor itu sendiri. Bisa menyebabkan kehilangan darah yang berlebihan dan akan menyebabkan terjadinya kekurangan darah/anemia.


24 comments

donor darah, belum pernah mas. takut sama jarum suntik heheh

paling ngeri kalo diajak donor darah gahahaha.. cek darah aja kaget saya mah

Jujur mas kalau saya kaga pernah sama sekali donor darah..hahah..takut saya kalo liat jarumnya..hahaa

Dari kapan tau pengen banget cobain donor tapi belum sempet-sempet.. Ternyata manfaatnya banyak yaaa.. Makasi sharingnyaaa

Kalau saya biasanya satu bulan sekali mas ikutan donor..

Aku pingin banget bisa donor darah. Tapi bb dan fisikku nggak qualified

Pengalaman donor darah pertama kali saat masih sma. Ekskul PMR ngundang PMI buat ke sekolah untuk ngadain acara donor, kemudian pernah juga remaja kampung gelar acara serupa, dan terakhir donor udah cukup lama sih. Langsung ke PMI. Donor buat saudara yang mau oprasi.

Salam kenal ya, izin follow blognya. Folbek juga kalau berkenan.

waduuhh...ayoo mas donorkan darahnya...baguss lho buat kesehatann mas fajarr....

sepertinya ada yang baru ya di sini? aku belum pernah donor darah, selalu di tolak hahahah kalau papa sudah sering banget bahkan sampai di kasih pin 50 x donor darah

bagusss mbaa intann padahal...memang kalo liat kaya gimana gtu...tapi pas donornya mah biasa saja...malah yang dapet kita sehat dan pikirannn sehatt...hhhahah

makasih sudah mampir mba intann...salam blogger

hheheh...knp mesti takutt mas sam jarumm....hhehehe
cuma liatnya saja serem..tapi pas donornya mahh...gpp ko mass...sehatt nantinyaa....lakukanlah sekali sajaa...pasti pengen nambahh lagi,,,hihihihi..

makasih mas syahran atas kunjunganya....salam blogger yah mas

iyahhh mbaa dian...pastinyaa....saya juga pertama takut..itu juga diajak sama temen kampus pas ada acara event dikampus yang di sponsori sama PMI jadii saya ikut untuk pertama kalinya, memang pertama deg-degan..tapi pas donornya mah gpp ko mbaa...malahan setelah itu badan ngerasa sehat....hheh

makasih mba dian atas kunjunganya yah mbaa

wadduhhhh...sebulan sekali? ....hebatt mbaaa..hehehe

makasih mba aina kunjunganya yahh
semoga sehat selalu abis donornya

kan kita dilihat dulu sama petugasnya mba..yang penting kita gk punya HIV AIDS mbaaa....cobaa yah mbaa..pasti sehat insya Allah mba..hehehe

makasih mba wahyu selalu hadir kunjunganya....

Iyahhh mbaa...tentunya pasti sehat kalo kita mendonorkan darahnya, kalo nanti ada lagi ikutan ajaa lagi mba eva

iyah mba eva salam kenal juga
siap silahkan mba...nanti di follback mba..mampir

iyahhh mbaa baruu nihh...ituu foto tangan asli saya pas waktu di donor mba...
pertama juga saya deg-degan gtu pas liat jarumnya, tapi pas sudah nancap di lengan mah biasa saja..hehhehe
waduuuhh....banyakk juga yahh 50x...hhehehhehe
ayoo mba cittra juga kalo ada donor darah, ikutannn yahh mbaa..lumayan buat kesehatan jugaa mbaa...

makasih sudah mampir mba citra...selalu mampirr pokoknyaa...hehehehh

hhahahhhaa....gak dong kanjeng raden....pertama kali memang deg-degan mas raden...tapi setelah itu saya juga pengen lagi mas...yuk ikutann lagi kalo ada event dikampus mass...hehhe

makasih sudah visit to www.garo-blog.com
semoga selalu hadir kesini yah mas reden yang ganteng...wkwkwkwkwkw

Kalo gue donor darah sering ditolak karena berat badan jauh dari yang disyaratkan :( sedih...

Wadduhhh...hehhehe...iyahh mbaa...harus sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sama standar PMI nya mbaa...pasti suatu saat nanti bisaa ko donor darahnyaa nona ginci

makasih sudah mampirr nona ginci...hehhe

Nanti ketagihan lho mas hehehe, saya dulu pertama kali donor jaman SMA gara2 ikut PMR....alhamdulillah sampai skrg masih rutin

iya mas wisnu saya juga kepengen lagi nih...memang manfaatnya juga besar untuk kesehatan kita mas wisnu
makasih sudah mampir yah mas

kalau mau donor darah gimana caranya bang yuli

kalau di foto itu memang itu saya pas ada event di kampus, kebetulan saya di ajak untuk pertama kalinya donor darah di stand yang ada event kampus, caranya mengisi data yang sudah disiapkan sama petugas PMI nya dan disini, dan juga paling ditanyain, apakah sudah sebelumnya pernah donor darah apa belum.


EmoticonEmoticon