Friday, November 25, 2016

Tips Pilihan Bantal dan Kasur yang Nyaman - garo-blog

garo-Blog.com -  Assalamu'alaikum sobat semuanya, Apa sih yang ada yang ada dipikiran sobat terlintas kata bantal? Pastinya empuk, nyaman untuk alas kepala diatas kasur dan tentunya bisa menghasilkan tidak sakit pada leher sobat.

Nah sobat semuanya, Pentingkah memilih bantal untuk kita? Pastinya perlu sekali kan sobat dan memang penting banget, karena bantal itu hampir sepertiga hidup kita kurang lebih 6-8 jam sehari, yang dihabiskan di atas tempat tidur sobat. Tentunya untuk orang yang super sibuk, tidur yang mempunyai sebuah kualitas penting sekali, karena ketika sobat bangun tidur badan sobat akan terasa  segar dan bersemangat lagi untuk beraktifitas kembali setelah semaleman tidur. 

Gambar by google.com

Banyak trik yang membuat sobat semuanya untuk mempersiapkan tidur agar memsebuah kasur dan bantal guling yang sesuai dan nyaman sekali buat tidur sobat semuanya.

Nah sobat semuanya, Apa si itu Kasur? Kasur merupakan faktor yang sangat penting yang ikut menentukan kualitas tidur sobat, dan juga sekaligus mengkondisikan punggung sobat dan postur tubuh sobat. Didalam memilih sebuah kasur, yang harus diperhatikan adalah sebuah kenyamanannya dan enak untuk digunakan dengan baik yang harus memenuhi syarat sebagai berikut:
  1. Kasur harus didesain senyaman mungkin agar titik berat tubuh tersebar merata di seluruh bagian tubuh yang bersentuhan dengan kasur, kalau berat badan terpusat di satu titik saja, darah tidak bisa mengalir lancar.
  2. Kasur juga dapat meredam gerakan tubuh saat tidur sehingga tidak mengganggu orang lain yang berada disebelah sobat.
  3. Dapat menopang lekukan alami pada tulang punggung dan menjaga susunan tulang punggung, dan sobat sebelum memilih sebuah kasur yang akan sobat gunakan, sobat mencoba terlebih dahulu berbaring di atasnya. Namun jika sobat pada saat berbaring telentang atau miring, tubuh terasa menumpu pada satu titik (daerah pinggul dan bokong) itu berarti kasur tersebut tidak menopang tubuh dengan baik.


Gambar by google.com

Sobat tentunya sudah mengenal yang namanya kasur dan mempunyai berbagai jenis kasur, antara lain kasur kapuk, kasur busa, pegas/spring bed, dan juga lateks. Kasur kapuk kurang baik karena agak keras dan kurang dapat menopang lekuk tubuh, sehingga pada debu kapuk pun dapat merangsang timbulnya alergi, dan saya juga memakai kapuk kasur karena di daerah saya tentunya rata-rata memiliki kasur dari kapuk.

Pada Kasur busa biasanya terlalu empuk, dan tidak lentur atau tidak bisa menopang tubuh sobat. Kasur pegas dan lateks bisa menjadi sebuah pilihan, namun kualitas bahan dan pembuatannya juga harus diperhatikan, Karena kasur pegas akan berkurang daya pegasnya setelah beberapa lama setelah dipakai.

Sobat semuanya selain kasur juga yang harus diperhatikan, dalam pemilihan sebuah bantal guling juga baiknya juga diperhatikan, karena bantal merupakan sebuah alas yang empuk untuk menopang tulang leher yang bersambung dengan tulang belakang/punggung. 

Gambar by google.com

Ternyata ada beberapa ciri bantal yang baik dan tentunya akan membuat sobat semuanya merasa nyaman antara lain :
  1. Bantal guling dapat menopang seluruh tulang belakang mulai dari leher hingga punggung dalam satu garis lurus pada saat tidur miring.
  2. Bantal guling juga dapat menopang pada bagian kepala dengan baik.
  3. Bantal guling menjaga pada kontur leher dan pada tulang punggung dengan baik.
  4. Bantal guling mudah diatur agar bisa pas dengan lekuk leher dan kepala.
  5. Bantal guling tidak menyebabkan alergi tentunya dilihat dadri bahan yang digunakan.

Pada sebagian besar dari kita menghabiskan sekitar sepertiga dari hidup kita dengan istirahat/tidur, Kenapa? karena penting sekali untuk tidur dengan melepaskan lelah setelah beraktifitas dan bisa tidur dengan nyaman. Ternyata pada saat sobat ketika mau tidur harus memiliki sebuah bantal yang nyaman dan tepat untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, nyaman dan tenang. 

Pada penggunaan bantal juga harus diperhatikan dengan baik, karena bantal yang salah akan menyebabkan sakit pada kepala, sakit leher, mati rasa di bahu dan lengan serta terserang bersin-bersin. Pada kesempatan ini ada beberapa tips dan trik untuk bisa memilih sebuah bantal yang tepat untuk mendapatkan sebuah tidur yang berkualitas dan nyaman yang telah dilansir oleh healthmeup.com
Gambar by google.com

Mencoba untuk mengetahui posisi sobat semuanya pada saat tidur dan pilihlah bantal yang sesuai dan nyaman untuk sobat semuanya, karena :
  1. Jika sobat tidur telentang, maka pilihan sebuah bantal rendah dan memiliki sebuah ketebalan yang sedang, agar kepala sobat tidak naik terlalu jauh.
  2. Jika sobat tidur menghadap samping, maka memilih bantal dengan memiliki sebuah ketebalan yang tinggi sehingga akan mendukung pada leher dan akan mengisi kesenjangan pada sisi kepala dan bahu sobat.
  3. Jika sobat tidur tengkurap, maka pilihlah sebuah bantal yang tipis dan lembut untuk digunakan. sobat  juga bisa mencoba tidur dengan menggunakan sebuah bantal di bawah pinggul untuk mencegah nyeri punggung bawah.
  4. Jika sobat yang banyak bergerak dan tidak stay di satu posisi, maka cobalah untuk membeli dan memiliki sebuah bantal yang mempunyai ketebalan menengah. 


Berikut ini ada beberapa  jenis isian bantal yang paling membuat Anda merasa lebih nyaman dan aman untuk digunakan, antara lain :.
  1. Wol dan kapas merupakan sebiuah bahan hypoallergenic alami dan akan bisa melawan jamur dan tungau debu.
  2. Bantal bulu yang sangat lembut lebih disukai di negara dingin karena berfungsi untuk tubuh sobat agar lebih bisa menghangatkan pada tubuh.
  3. Bantal busa sangat baik pada orang yang memiliki masalah pada tidurnya, karena bantal ini akan mengurangi pada ketegangan rahang atau leher.
  4. Bantal sintetis juga yang biasanya terbuat dari polyester adalah bahan yang hypoallergenic.

Pada jenis bantal yang dipilih sobat semuanya, sobat juga dianjurkan untuk menggantikanya pada setiap beberapa tahun sekali, karena lama kelamaan bantal menjadi sumber debu, sel-sel kulit mati, tungau debu, dan juga jamur  sehingga bisa tidak nymana dan higienis setelah dipakai 2 tahun lamanya.

Nah sobat semuanya, mudah-mudahan bisa bermanfaat dalam berbagi info tentang bantal dan kasur dan untuk mendapatkan kasur busa dan bantal guling yang baik untuk digunakan, dan saya berharap bisa bermanfaat buat sobat semua dan ke depannya dan sobat bisa memiliki tidur yang lebih berkualitas.

Nah itu tips dari saya dan sekarang saya pengen tau nih, gimana sobat sendiri memilih bantal dan kasur itu seperti apa? mohon komentarnya yah....hhehe

6 comments

Dulu sih pake kapuk, cuma makin ke sini jarang jualan yg kapuk, pasti kebanyakan busa...lebih licin si, klo uda kempes ya kentara banget kempesnya hehe

Iyahh mbaa..tapi saya masih yang kapuk sii mba...mantaf empuk jugaa..heheh

terimakasih tips cara memilih bangul jadi pengen tidur neh hahah, jam bosi, jadi ngantuk dah ai

hhahhahaa..langsung dehhh mba citraaa...oboo...wkwkwkwk......

makasih sudahh mampir mbaaa...semoga bermanfaat tipsnya mbaaa..aminn

kasur saya pake merk terkenal tapi kok tidak enak buat tidur minta pencerahannya Bos tentang kasur yang pas untuk saya

iya mang komar memang walaupun merk terkenal itu tidak menjamin kenyamanan, mungkin tidak cocok untuk mang komar, dan kita kemabli saja waktu jaman dulu mas pakai kapuk mas....biar nyaman..heheh


EmoticonEmoticon