Friday, December 23, 2016

Awas, Hindari Kebiasaan Ini Setelah Makan demi Kesehatan Kita

garo-blog.com - Berjumpa kembali di awal menuju liburan pekan ini saya akan berbagi tentang kesehatan tentunya didalam tulisan ini semoga bisa bermanfaat untuk sobat semuanya dan ini mengenai kebiasaan ketika kita kebiasaan setelah makan.

Awas, Hindari Kebiasaan Ini Setelah Makan demi Kesehatan Kita

Dalam tulisan tentang Awas, Hindari Kebiasaan Ini Setelah Makan demi Kesehatan Kita Pastinya pada setiap orang memiliki cara tersendiri dikerjakan setelah selesai makan. Mungkin kebiasaan kita sendiri setelah makan paling duduk santai sejenak sambul nonton televisi atau memainkan gadget kita serta ada pula setelah makan meminum kopi, atau bahkan juga ngemil camilan yang sobat sukai.

Baca juga
Rahasia Unik dan Manfaat dari Jengkol bagi penikmatnya
Dibalik Biji Petai yang bau, Ternyata Ada Manfaat yang besar didalamnya
Cara Cepat Menghilangkan Bau Petai di Mulut dengan Mudah

Namun kadang pada setiap kebiasaan ini bisa dikatakan simple, tetapi banyak hal contohnya yang kontraproduktif dengan tujuan awal sobat makan, pada sirkulasi tubuh sobat sendiri, serta pada akhirnya bisa membahayakan dengan kesehatan kita sendiri.

Kebiasaan kita setelah makan

Makanan yang kita makan mengandung gizi dan bermanfaat bagi tubuh sangatlah penting dan harus kita konsumsi. Banyak hal pada kebiasaan ini memang sering kita lakukan tanpa kita sadari tetapi alhasil efeknya sangat tidak baik untuk tubuh kita. Tetapi kita hendaknya bisa meninggalkan kebiasaan-kebiasaan ini setelah makan. Berikut kebiasaan yang harus dihindari setelah makan antara lain :

1.Melakukan Tidur setelah makan

Nah ini yang harus kita hindari setelah makan kita tiduran, pastinya setelah perut kita merasakan kekenyangan dengan perut yang terasa sudah penuh dengan makanan kemudian berbaring sejenak dan bisa-bisa kita tertidur. Pastinya sobat sendiri pernah mengalaminya bukan? Pstinya tidur merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari setelah makan.

Apa sih penyebabnya setelah kita makan terus langsung tidur? Ternyata sobat kebiasaan kita langsung tidur membuat pencernaan menjadi tidak lancar dan mengakibatkan infeksi pada bagian usus. Selain itu, tidur setelah makan sering memicu timbulnya obesitas. Kenapa demikian?

Hal ini terjadi karena ketika asupan kalori masuk ke dalam tubuh, dan tidak ada aktivitas lain yang sobat kerjakan, maka kalori tersebut tidak akan terbakar, dan malah akan menjadi lemak yang semakin menumpuk di dalam tubuh. Lemak yang menumpuk di dalam tubuh tanpa adanya proses pembakaran akan menambah berat badan secara drastis, sehingga rentan terhadap kegemukan.

2. Merokok

Nah sobat semuanya merokok setelah makan juga dapat mengganggu sistem pencernaan diusus. karena disebabkan oleh nikotin yang terikat dalam oksigen, sehingga diedarkan di dalam darah. Pada nikotin ini lebih mudah diserap, sehingga oksigen yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan berkurang.

Saran saya bagi sobat yang sering melakukan aktivitas merokok setelah makan ada baiknya kita sebagai perokok dikurangi sebab sangat tidak baik bagi kesehatan pada tubuh kita.

Memang merokok sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kanker baik kanker paru atau kanker usus tetapi akan menjadi lebih bahaya sepuluh kali lipat menjadi meningkat untuk berisiko ketika merokok setelah makan.

3. Melakukan Mandi

Nah sobat semuanya kita tidak dianjurkan untuk mandi sehabis makan, Kenapa demikian? karena volume aliran darah pada permukaan tubuh kita ini meningkat, dan pada volume aliran darah pada saluran usus dan lambung akan semakin berkurang, sehingga mengakibatkan fungsi pencernaan usus lambung bisa melemah, dan menyebabkan pencernaan sobat semuanya akan mengalami buruk. sehingga dapat disarankan untuk tidak mandi setelah makan.

4. Sikat Gigi

Sobat semuanya ini merupakan hal yang sering kita lakukan dengan menyikat gigi setelah makan, kalau saran dari pakar kesehatan lebih baik gosok giginya nanti setelah menunggu beberapa menit atau jam setelah makan.

Oleh karena itu, pada saat selesai makan sebaiknya tidak langsung menggosok gigi terlebih dahulu, menunggu beberapa menit atau jam.

Apakah sobat sering melakukan hal-hal diatas?
semoga info ini tentang Awas, Hindari Kebiasaan Ini Setelah Makan demi Kesehatan Kita bisa bermanfaat ya....

22 comments

Yah aku baru tau kalau habis makan nggak boleh langsung sikat gigi. Kalau poin lainnya sih aku udah tau. Tapi poin terakhir baru tau dan biasanya aku lakuin.

sudah kuduga, pasti yang pertama kalau uda makan jangan tidur, padahal kalau sudah makan, pengennya tidur mas:)

iyah mba eva...harus dibiasakan point terakhir dan ini bisa menyebabkan pada kesehatan juga mba..yaa minimal 1 jam setelah makan, baru sikat giginya mba...
makasih sering mampir mba eva...semangatt nulisnya

Hhahaha...ioyah mas fajar kdang juga sama kaya gitu, tapi ini demi kesehatan kita mas, apapun pantangan yang dihadapi kita harus hindari sebisa mungkin demi kesehatan tubuh kita mas fajar...
makasih mas fajar sering mampir....hhhehe

Oh sikat gigi habis makan ini kebiasaan saya bahkan dalam hitungan menit habis makan langsung sikat gigi, dan ternyata ada efeknya. Baik, mulai besok saya ikut tips di atas.

hhhee...sip mba lisa...awali dengan hal yang mudah dulu dan jangan menyepelekan hal ini, tentunya ini demi kesehatan kita mba lis..
makasih sudah mampir mba lis

menyapa garoblog sambil menghindari kebiasaan buruk setelah makan agar kesehatan saya terjaga selalu...
bari hayang nyaho...bw balik teu..

iyah mang lembu...siap..selalu jaga kebiasaan setelah makan mang
haturnuhun atos mampir mang

merokok habis makan? kenapa banyak yg bilang kalau habis makan belum merokok kaya ada asam sepet gitu lho

Hhhehee...justru itu mba..versi orang beda-beda mba...karena kebiasaanya mungkin gtu, tapi disatu sisi dampak dari itu bisa menggangu kesehatan..
makasih mba sudah mampirr

Ough... baru tahu habis makan gaboleh lgs gosok gigi. Makasih garo blog, baru tahu nih :)

Terkadang ketika menyikat gigi seperti mau muntah, oh ternyata ini penyebabnya

iyah mba wahyu...tentunya sebisa mungkin kita harus bisa menjaga diri kita dengan berbagai hal yang bisa merugikan diri kita mba...hhe
makasih sudah mampir mba

iyahh mass...jangan dianggap sepele lho mas indra,
makasih sudah mampir mas

Aku seringnya abis makan trus mandi, mas :)

hhehe...iyahh mba alida kalo bisa jangan langsung mandi mba...tunggu dulu beberapa menit dan bisa kita gunakan untuk membereskan meja makanya sehabis makan dan ngobrol2 dlu sama keluarga...hehhe
salam blogger mba...makasih sudah mampirr

tidur terus makan terus tidur lagi... ini aku banget hahaaha

Hahahaha....jadi bos dong mba agi...hhehe
selalu dijaga kesehatanya biar tambah sehat..hhehe

Ternyata gak boleh ya habis makan langsung mandi? Aku biasa gitu, terus juga habis makan suka langsung gosok gigi . Ternyata tidak baik ya

iya mba, menurut anjuran kaya gitu bisa merugikan kesehatan, kita yang sering melakukan itu tidak keliatan kerugianya apa, padahal ini bisa keliatan buat kedepanya....


EmoticonEmoticon