Tuesday, December 13, 2016

Cara Efektif Pencegahan Demam Berdarah dan Cara Penanganannya

garo-blog.com  -  Assalamu'alaikum sobat semuanya, setelah liburan panjang kemaren tiba saatnya tidak terasa sudah masuk dalam aktifitas kita dalam kegiatan sehari-hari dan mudah-mudahan tidak ada kendala dan tetap sehat dan bugar dalam menjalani aktifitasnya.

Memasuki musim hujan tiba tentunya kita harus bisa dan menjaga kondisi tubuh kita dalam mengahadapi kondisi udara dingin di musim penghujan ini. Banyak sekali orang-orang yang terkena penyakit demam yang suhunya tinggi dan bisa berindikasi masuk area penyakit Demam Berdarah (DBD).

Penyakit demam berdarah dengue sekarang sudah menjangkau diwilayah Indonesia sendiri. Terlebih di ibukota pun banyak terjadi kasus penyakit demam berdarah. Penyakit demam berdarah ini menurut ahli kesehatan ternyata merupakan penyakit yang bisa mematikan, dan oleh karena itu pentingnya bagi kita dalam mengetahui penyebab terjadinya penyakit demam berdarah ini, bagaimana cara pencegahan, dan juga tips dan trik cara menyembuhkan penyakit demam berdarah ini.


Gambar by google.com


Penyakit demam berdarah ini ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegepty yang telah menggigit dan menghisap darah penderita DBD. Jika nyamuk ini menggigit kita, maka kita bisa tertular penyakit demam berdarah ini. Dalam ciri-ciri pada nyamuk Aedes Aegepty ini adalah warna kaki dan badannya belang putih-hitam atau bergaris-garis.

Cara penanggulangan atau pencegahannya adalah kita jangan sampai membiarkan air bersih atau air hujan menggenang lama di bak mandi, ban, kaleng-kaleng, atau bahkan got. Berilah saluran air atau got ataupun genangan air sekitar rumah kita denagn obat yang namanya Abate, fungsinya obat ini adalah untuk mematikan jentik-jentik atau larva nyamuk demam berdarah ini.

Gambar by google.com


Penangunlangan atau pencegahan yang lainnya adalah dengan menguras atau membersihkan bak mandi seminggu sekali, ini karena untuk mencegah bertelurnya nyamuk didalam bak mandi ini dan bisa kita dengan mengurasnya agar tidak terjadi jentikan atau larva si nyamuk demam berdarah ini.

Sobat semuanya banyak penanganan atau pencegahan yang harus kita lakukan dalam mencegah terjangkitnya penyakit deman berdarah ini, tentunya dengan kesadaran kita dalam menjaga lindkungan sekitar seperti contohnya dalam menjaga kebersihan didalam lingkungan keluarga sendiri.


MELAKUKAN PEMERIKSAAN DARAH

Pada penyakit demam berdarah ini biasanya, disebabkan infeksi yang  memiliki ciri-ciri dan gejala yang hampir sama. Sehingga dalm penyakit ini akan menyulitkan kita untuk memastikan jenis penyakit yang diderita. Apakah karena infeksi tenggorakan, atau infeksi saluran pernapasan, maupun karena demam berdarah dengue atau DBD.


Gambar by google.com


Dalam penyakit  demam berdarah ini pada hari pertama dan kedua, biasanya trombosit masih terbilang normal, sehingga akan menyulitkan untuk memastikan pasien terkena demam berdarah dengue atau DBD atau tidak. Pada turunnya trombosit ini pada penderita penyakit demam berdarah dengue atau DBD, akan terjadi pada hari kedua atau hari keempat. Hanya saja, turunnya trombosit bukan lah satu – satunya gejala penyakit demam berdarah dengue saja, akan tetapi bisa juga terjadi pada penyakit – penyakit lainnya, seperti tifus atau malaria. Untuk itu, segera periksakan darah anda ke laboratorium serta mintalah nasihat dokter yang ada di klinik.


Gambar by google.com

Sebenarnya penyakit demam yang terjadi pada penderita demam berdarah dengue DBD mempunyai ciri khas tertentu, seperti suhu tubuh tiba-tiba naik hingga mencapai 39 – 40 derajad celcius, serta berlangsung antara 3 atau 4 hari, kemudian pada hari kelima dan keenam, suhu tubuh akan berangsur turun kembali.

Semoga bermanfaat.

8 comments

Makasi infonya yaaaa, bermanfaat sekali niiihhh :)

mudah-mudahan mba dian semoga saja...
soalnya sekarang sudah memasuki musim penghujan sebisa mungkin kita harus bisa menjaga kondisi badan kita dan harus bisa menjaga pola makan yang baik, saya takut karena di daerah saya banyak yang kena penyakit panas dan demam yang tinggi mba....
makasih sudah mampir mba...

Apalagi di musim hujan sekarang ini, perlu hati-hati menjaga kesehatan, karena nyamuk sedang asyik berkembang biak.
Thanks infonya kawan

Iyahh mas, tentunya harus ekstra hati-hati pokoknya mas....sebida mungkin kuras bak mandi seminggu sekali dan jaga kebersihan dilingkungan rumah mas..
makasih sudah mampir yahh mas

Musim hujan nyamuk di mana-mana. Harus selalu waspada nih.

iyahh mba pastinya..hati-hati mba..segera kuras bak mandinya seminggu sekali mba, terutama jaga pola makanya juga mba, sama jaga lingkungan sekitar rumah...

iyahh mba wahyu..sama sama
lumayan buat mencegah terjadinya dbd dan bisa mengubah pola makan kita pada saat musim penghujan


EmoticonEmoticon