Home » , » Gejala yang Timbul Akibat Sakit Maag, Apa Strategi Penanganannya?

Gejala yang Timbul Akibat Sakit Maag, Apa Strategi Penanganannya?

Posted by Garo-blog on Friday, December 9, 2016

garo-Blog.com -  Sering kita mengalami sakit maag yang selalu di rasakan terasa perih dan sakit di bagian perut kita, mungkin bisa terjadi karena kita telat asupan makanan yang sering kita abaikan.


Gambar by Google.com


Namun menurut istilah kedokteran sakit maag ini bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya adalah akibat luka yang terbuka yang muncul di bagian lapisan didalam lambung/tukak lambung, dan infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid/OAINS, dan juga bisa disebabkan karena stres.

Gambar by Google.com


Pada bahasa ilmiahnya maag ini disebut juga dengan Gasitris.  Apa sih itu Gasitris?

Menurut para ahli kesehatan Gasitris adalah suatu penyakit yang menimpa seseorang pada lambung dan akan memberikan efek kurang berfungsinya lambung secara maksimal dalam melakukan tugasnya mencerna makanan didalam perut.

Karena jika penyakit maag ini menimpa seseorang maka pada penderita sakit maag ini  akan merasakan gejala sakit pada bagian perut dan menyebabkan perih dan juga merasakan mulas. Krenapa bisa terjadi  sakitseperti ini?  Karena sakit ini terjadi pada area sekitar lambung  yang mengalami peradangan dan terjadinya luka pada lambung.

Gejala Pada Penyakit Maag

Pada penyakit maag yang sering kita alami ini setidaknya kita sadar akan kesehatan kita dengan menjaga pola makan sehat dan menghindari yang namanya stress. Ada beberapa ciri-ciri dari gejala yang biasa kita alami pada sakit maag.

  1. Perut kembung,  kita sering mengalami gejala seperti ini bisa muncul karena diakibatkan pada lambung yang didalamnya terdapat banyak gas.
  2. Sering bersendawa, Kenapa kita sering bersendawa seperti ini? karena akibat gas yang dihasilkan lambung, seseorang menjadi sering bersendawa, sehingga seringnya sendawa ada kemungkinan bahwa seseorang tersebut menderita penyakit maag.
  3. Mual dan Muntah, gejala in sering terjadi pada penderita maag adalah mual dan juga muntah. Jika seseorang mengalami hal seperti ini bisa jadi ini merupakan salahsatu ciri penyakit maag.

Gambar by Google.com

Sobat semaunya, pada kenyataanya semua penyakit dapat disembuhkan karena semua penyakit ada obatnya, maka dari itu selain melakukan usaha pengobatan, kita juga harus melakukan langkah-langkah pada  pencegahan agar penyakit maag tidak bertambah parah seperti pada menjaga pola makan yang sehat dan teratur setiap harinya, tetapi tidak hanya pola makan saja tetapi juga faktor lainnya juga yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga melakukan hal-hal yang sepele seperti mencuci tangan sebelum makan dan olahraga.

Penanganan 

Jika kita memiliki gangguan pencernaan dan sakit perut pada ulu hati yang merupakan gejala sakit maag, maka kita harus mengubah pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat, dan untuk meringankan atau mengatasi sakit maag ini bisa menggunakan obat maag yang dijual bebas seperti obat antasida.


Semoga bermanfaat....
 

Thanks for reading & sharing Garo-blog

Previous
« Prev Post

16 comments:

  1. Kalau saya begitu terlambat makan pasti dah timbul gejalanya...hheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh mbaa... jangna sampai terlambat makan..apalagi kalo gak sarapan mba..nanti menghambat aktifitas kita nya mbaa..

      makasih sudah mampir mba

      Delete
  2. Replies
    1. nahh ituu yang sudahh mbaa..kalo saya kadang juga telat sarapan karena dikejar-kejar waktu suka kesiangann buat kerjaa...hehheh

      Delete
  3. akhir akhir ini, aku sering banget sendawa. perut juga rasanya gak enak. gejala maag kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin mba bisa jadi...soalnya emang gtu mbaa...pastii mba telat makan karena deadline tugas ataupun kerjaanya....
      makasih mba sudahh mampir ke garo-blog.com

      Delete
  4. Pernah juga punya pengalaman, kalau minum kopi hitam maag langsung kambuh..
    Biasanya langsung minum milanta atau promag langsung reda

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuppzzz....betull mas indra...
      saya sering ngalamin kaya gtu kalo setiap minum kopi sama temen nongkrong dikampus, pas pulang suka perih perutnya..(tapi bukan perih karena lapar) hehhe....
      sebaiknya mas dikurangin minum kopi hitamnya..coba beralih jangan yang hitam, yang coklat-coklat mass...saya juga sekarang-sekarang kalo nongkrong di kantin kampus suka pesan susu coklat/putih karena pengen beralih biar gak sakit maag lagi...hehe

      makash mas indra atas kunjunganya

      Delete
  5. bicara maagh atau gangguan pencernaan ini penyakit yg bisa diderita siapa saja, yg paling sering mereka yg pola makannya tidak teratur, termasuk saya
    alhamdulillah maagh ku sdh jarang kambuh setelah memperbaiki pola makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhammdlahhhh...syukur dehh mbaa...walaupun kerjaan numpuk tgas kuliah membludak..jangan sampe telat sama makanya...
      nah kita memang suka menyepelekan hal ini, ini tergantung bagimana menyikapi dalam pola makanya apa yang dikatakan mba maya...sungguh luar biasa mba...heheee
      makasih sudah mampir mba mayaa....

      Delete
  6. Sakit mag saya pernah mengalaminya, bahkan jika kambuh rasanya minta ampun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinyaa mbaa ituu mahh...soalnya yang kena lambung terasa perihh...
      makasih mba lisa sudah mampirr

      Delete
  7. kalau saya hanya merasa perut kembung, mual juga sih tapi gak muntah. hal ini dirasa setelah saya mencoba untuk menurunkan berat badan. jadi makannya dikurangi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mas...tentunya berhati-hati saja kalau mau menurunkan berat badan kita, dan terutama jaga kualitas makanan kita yang mau dikonsumsinya sesuai dengan selera makan kita asalkan jangan berlebihan...

      Delete
  8. Kalau udah parahnya sih sampe mual dan muntah. Biasanya emang karena makan yang nggak teratur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul sekali mba nita...jangan sampai telat makannya juga dan memang benar harus teratur juga pola makanya mba

      Delete

Search This Blog

Popular Post