Sunday, February 12, 2017

Pete sambal Udang yang membuat Ngiler lidah

Tags

garo-blog.com - Masakan indonesia memang kaya akan kelezatan dan kreasi dalam pengolahan makanan yang memang begitu semakin menggugah selera dan bikin penasaran kepada para penikmat kuliner yang semakin bikin nikmat.

Pete sambal Udang yang membuat Ngiler lidah

Dalam menu pete sambal Udang ini yang memang sangat disukai dan digemari oleh orang yang penggemar kuliner bahkan saya sendiri juga suka dan sering mengkonsumsi menu pete sambal udang ini yang tentunya membuat rasa menambah selera makannya, apalagi yang namanya pete bahkan memang hampir sebagian orang suka yang namanya pete dan ada juga yang tidak suka sama yang namanya pete.

Baca juga :
Cara Cepat Menghilangkan Bau Petai di Mulut dengan Mudah
Dibalik Biji Petai yang bau, Ternyata Ada Manfaat yang besar didalamnya
Rahasia Unik dan Manfaat dari Jengkol bagi penikmatnya

Memang di Indonesia kaya akan buah dan sayuran yang memiliki ciri khas dan rasa dari setiap buah dan sayuran. Nah memang salah satunya yaitu Pete ini memang suatu bahan makanan yang biasa dijadikan sebagai pelengkap penyedap aneka masakan tradisional maupun yang sering kita lakukan masak dirumah.

Nah memang pada pete ini memiliki ciri khas rasa dan wanginya begitu menggoda untukpara penikmatnya. Memang sebagian orang yang tidak suka dengan yang namanya pete, tapi hal ini pete juga memiliki ciri khas aroma dan rasa yang bisa membuat orang ketagihan..hehehe.

Indonesia juga tidak mau kalah dengan jenis ikannya yang berlimpah ruah, karena indonesia ini memiliki laut yang banyak dan mempunyai berbagai macam jenis ikan. Dan salah satunya adalah Udang. Udang sendiri juga memiliki banyak vitaminya dan tidak kalah lagi dengan aneka atau macam-macam ikan yang lain.

Udang juga memiliki berbagai jenis atau macamnya yang sering ita ketahui ada yang kecil yang sering kita sebuat dengan udang rebon, ada yang besar juga yang memiliki daging yang begitu enak, dan kali ini dalam masakan tumis pete udang memakai udang yang biasa yang sedang dalam ukurannya.

Dalam pengolahan tumis pete sambal udang ini yang kita perlu mempersiapkan antara lain adalah bahan dan bumbu diantaranya udang yang masih segar dan tentunya udang tersebuat sudah dibersihkan sampai benar-benar bersih, dan kemudian sediakan juga pete yang sudah di buka dari batangnya dan bisa juga sobat bisa dibelah tergantung selera sobat yang bisa menggugah selera makannya

Dan yang terakhir sobat jangan lupa juga bumbu-bumbu yang disiapkan sehingga jangan sampai kita terlewatkan karena bumbu juga ini merupakan faktor yang harus dilakukan karena ini mempengaruhi dari rasa dan aromanya dalam masakan ini.

Jenis Bahan dan Bumbu Pete sambal udang yang harus kita siapkan antara lain :

Pertama yang perlu kita siapkan adalah sedikitnya 600 gr udang yang masih segar dengan ukuran yang sedang dan tentunya udang yang sudah dikupas kulitnya dan yang sudang dibuang kepalanya.
Sediakan juga beberapa biji petai yang sudah dikupas kulitnya biar tambah enak
Sediakan juga sedikitnya 1 sendok makan air jeruk nipis agar tidak bau amis
Sediakan garam secukupnya
kemudian gula pasir juga secukupnya
selanjutnya penyedap rasa secukupnya
dan minyak goreng secukupnya atau bisa diganti dengan mentega.

Dalam Bumbu halusnya antara lain adalah :

2 cabai merah besar
7 buah cabe rawit hijau (tergantung selera sobat semuanya)
5 siung bawang putih bakar
5 butir bawang merah bakar
1/4 sendok teh terasi yang sudah di bakar
3 buah tomat merah


Pengolahan Membuat Sambal tumis Pete Udang yang enak adalah :


pertama yang telah saya jelaskan diatas adalah terlebih dahulu sobar mencuci dengan bersih udang yang sudah dikupas kulitnya dan membuang kepalanya bila perlu ataupun tidak juga tidak apa-apa tergantung selera,
Kemudian setelah udang yang tadi bersih selanjutnya sobat bahan udangnya dilumuri dengan air jeruk nipis, dan kemudian sobat bisa diamkan selama kurang lebih 10 menit,
lalu kita siapkan panaskan minyak goreng lalu kita goreng udang sampai keliatan matang, kemudian sobat angkat lalu tiriskan,
Selanjutnya Tumis bumbu yang sudah kita dihaluskan dengan sedikit minyak sampai harum dan mengeluarkan aroma yang khas,
Kemudian sobat bisa tambahkan gula pasir secukupnya, masukan pete, kemudian taburi garam secukupnya dan penyedap rasa, kemudian aduk sampai tercampur rata dan kelihatan sudah matang,
Selanjutnya sobat kita bisa masukkan udang yang sudah kita goreng tadi kedalam sambal, aduk hingga merata

Dan selanjutnya yang terakhir sobat kita bisa sajikan masakan sambal tumis pete udang kedalam piring. Dan sobat bisa menikamatinya.

Dalam artikel ini tentang Pete sambal Udang yang membuat Ngiler lidah bisa bermanfaat dan bisa dijadikan latihan memasak untuk selera makan keluarga dan sahabat semuanya.

12 comments

aku jadi lapar nih mas:( huhu gak mau tau buatin ah

kessukaan saya banget mas langsung masak biar kagak ngiler thanks mas infonya

Hhahaha...mba tini mba tini....gagal fokus yah lagi nulis postingan juga liat itu mah..hhheh...
siap delivery dah buat tutortatut.....hhehe...

siap kakang....bisa langsung rekomendasi lah..langsung bikin pokoknya awas...wkwkwkwk

dingin dingin, lihat postingan ini. luar biasa laparnya muncul, hehheeh

hhehe...mas fajar awass akhh..ngiler mass...soalnya bikin perut keroncongan nihh liat ituu yah...hhehhe

hujan-hujan lihat blogpost resep masakan bikin "kemlecer" mulut

hhahha...bisa ajaa nih mas wisnu..bikin maknyuss yahh mass....biar mata tambah melek pas ngerik postinganya yah..heheh

Ini emang enak banget kang tapi syg suami kagak doyan pedes jadinya makan ini cuman pas dikantor doank LOL beli di warung padang :p

hheheh..... mesti dijaga dong yah mba setiap makanan yang mengandung pedas buat suaminya..heheh
cuma bisa makan di kantor juga yang penting menikmatinya yah mba..wkwkwk

hahaha, keroncongan banget malah mas

hhaha..duhh maknyus yah mas fajar liatnya apalagi makanya pasti nambah dehh mas..hehehe


EmoticonEmoticon