Home » , , » Inilah Oleh-oleh Khas Kota Kuningan Yang Banyak disukai Orang

Inilah Oleh-oleh Khas Kota Kuningan Yang Banyak disukai Orang

garo-blog.com -  Assalamu'alaikum sobat garo-blog.com, semoga dalam keadaan sehat yah dan tidak terlepas dari semangatnya yang selalu mengisi segala aktifitas sobat semuanya.

Senang sekali setelah lama tidak menulis artikel yang memang karena kesibukan yang ada, dan pada malam ini bisa memberikan informasi yang bisa berbagi untuk sobat yang memberikan ide yang memiliki artikel tentang Inilah Oleh-oleh Khas Kota Kuningan Yang Banyak disukai Orang.

Inilah-Oleh-oleh-Khas-Kota-Kuningan-Yang-Banyak-disukai-Orang
Sentra Oleh-oleh Khas Kuningan

Kuningan dikenal dengan berbagai makanan dengan mempunyai ciri khas tersendiri dan juga tidak kalah pentinganya dengan destinasi wisata-wisata yang memberikan kenyamanan dan keindahan berbagai wisata alamnya.

Baca Juga :
Tempat Wisata Kuningan yang Wajib dikunjungi Part 1
Tempat Wisata Kuningan yang Wajib dikunjungi Part 2

Tetapi banyak sekali wisatawan dari luar kota yang sengaja ke kota kuningan untuk berlibur dan menikmati suasananya hirup udara yang sejuk di kota kuningan ini.

ANEKA OLEH-OLEH KHAS KOTA KUNINGAN

Dalam berbagai aneka khas oleh-oleh, Sebenernya ada sebagian makanan-makanan khas Kuningan mungkin bila sobat temui di daerah lain. Dan pasti kita sebut dengan jajanan pasar. Apabila sobat menemukan makanan ini, mungkin saja jenisnya sama tapi rasanya atau bisa saja pada namanya sangat beda.

Baca Juga :
Tempat Ngumpul bareng di Bubulak Palutungan Resto
Andalan Kuliner Khas Kuningan, Nasi Kasreng yang Menggugah Selera

Selepas pulang dari kota Kuningan pasti tdak ketinggalan membawa oleh-oleh yang sudah berjajakan mulai dari warung oleh-oleh dipinggir jalan kota kuningan, seperti peuyeum, opak bakar, keripik pisang, raginang, jeniper dsb. Makanya kalo pulang sudah pasti bawa tas kosong tambahan, biar nanti baliknya jadi khusus buat tas khas oleh-oleh kota Kuningan.

Berbagai macam aneka khas oleh-oleh kuningan diantaranya :

1. JENIPER (Jeruk Nipis Peras)

Inilah-Oleh-oleh-Khas-Kota-Kuningan-Yang-Banyak-disukai-Orang
Minuman Jeniper (Jeruk Nipis Peras)

Jeniper ini merupakan minuman jeruk nipis khas dari kota Kuningan yang tentunya memiliki bahan bakunya dari jeruk nipis dan gula pasir.

Jeniper ini memiliki rasa yang khas jeruk nipis yang sangat segar apabila sobat menyajikannya dalam keadaan dingin, akan tetapi baik juga minuman jeniper ini bisa kita konsumsi dalam keadaan hangat, jadi tergantung pada keinginan sobat semuanya.

Pada minuman Jeniper ini pastinya mengandung banyak Vitamin C dan yang paling dijaga jeniper ini  tanpa bahan pengawet, sehingga jeniper ini aman bila sobat dikonsumsi dan ternyata  banyak khasiat yang terkandung pada minuman jeniper ini yang bisa mengobati penyakit akibat kekurangan vitamin C seperti sariawan, sakit tenggorokan, flu, masuk angin sampai panas dalam.

Berbagai kemasan yang tersedia dalam minuman jeniper ini mulai dari botol besar dan botol kecil. Tetapi ada yang uniknya juga pada kemasan jeniper ini suka dikasih sebuah aksesories anyaman bambu pada botolnya sehingga sobat bisa mudah kita bawa/ditenteng.

2. KOECANG

Inilah-Oleh-oleh-Khas-Kota-Kuningan-Yang-Banyak-disukai-Orang
Makanan koecang

Nah namanya juga aneh dan khas yaitu koecang, kenapa disebut koecang? ternyata koecang ini adalah nama lain dari leupeut yang terbuat dari beras ketan. Apabila leupeut ditambah kelapa dan campuran kacang selanjutnya leupeut dibungkus dengan daun kelapa, tetapi koecang ini dicampur dengan sedikit air apu kemudian dibungkus dengan daun bambu yang hijau.

Nah sobat semuanya, pada trik yang bisa membedakan antara leupeut dengan koecang, kalau leupeut berbentuk memanjang, sedangkan koecang berbentuk segitiga yang dibungkus daun bambu. Nah sobat semuanya, apabila sobat sedang pergi ke pasar bareng anak-anak, sobat bisa sekalian belajar bentuk-bentuk bangun. Hehe.

Ada yang namanya Pasar Darurat, ternyata pasar ini beroperasi di pagi hari. Ya namanya juga darurat, sehingga para penjual bisa memanfaatkan ruas jalan. Dengan menghirup udara dingin kota kuningan yang mengelus pipi dengan mempunyai latar pemandangan di depan Gunung Ciremai yang sungguh indah dipandang, hheheh

3. TAHU KOPECI (Tahu Lamping)


Inilah-Oleh-oleh-Khas-Kota-Kuningan-Yang-Banyak-disukai-Orang
Tahu Kopeci

Tahu Kopeci ini seperti tahu biasanya yang memiliki citarasa yang khas dan pastinya kalau sobat ke kota kuningan ini, mampirlah ke toko tahu kopeci yang dikuningan, kita bisa membelinya tahu kopeci ini dan jangan heran, pasti ngantri, soalnya tahu ini terkenal dikota kuningan. Apabila musim libur tiba wahhh..jangan ditanya lagi pastinya mobil-mobil pasti berhenti disana yang hendak membeli oleh-oleh tahu kopeci ini.

Inilah-Oleh-oleh-Khas-Kota-Kuningan-Yang-Banyak-disukai-Orang
Toko Pembuatan Tahu Kopeci

Beda halnya dengan tahu sumedang, tahu kopeci atau tahu lamping ini mempunyai ciri khas tahu yang berisi tidak kopong kaya tahu sumedang.

4. TAPE/PEUYEUM KETAN

Inilah-Oleh-oleh-Khas-Kota-Kuningan-Yang-Banyak-disukai-Orang
Peuyeum ketan Khas Kuningan

Nah ini sobat, makanan khas kuningan yang sedang booming, apalagi kalau menjelang libur panjang atau lebaran pasti pedagang-pedagang yang menjajakan makanan khas kuningan ini memiliki keuntungan yang tinggi. Tidak hanya dalam bentuk plastik kemasan, tetapi yang lebih unik lagi tape/peuyeum ketan ini dikemas pada ember, hheheheh

Tape ketan ini memiliki citarasa yang khas, berstruktur lembekyang dibungkus dengan daun jambu dan memiliki kekhasan yang lembut dilidah apabila kita memakanya, pastinya enak dehh...

Tape/Peuyem ketan khas kuningan berbeda dengan peuyeum bandung, kalau peuyeum bandung itu dari singkong, tetapi kalau tape /peuyeum kuningan terbuat dari beras ketan yang difermentasikan dengan sempurna, Ciri khasnya pada kemasan ketan ini dengan ember berwarna hitam. Dalam satu ember itu terdapat 100 buah tape/peuyeum ketan.

5. KERIPIK GEMBLONG / KECIMPRING

Inilah-Oleh-oleh-Khas-Kota-Kuningan-Yang-Banyak-disukai-Orang
Keripik Gemblong/Kecimpring

Kecimpring/gemblong merupakan makanan cemilan khas kota kuningan yang terbuat dari bahan dasar singkong atau disebut dengan ketela pohon yang diolah menjadi keripik yang gurih dan nikmat. Pada gemblong ini bentuknya bulat tipis dan adapula yang kembung dan kosong di bagian tengahnya. Sehingga sering orang menyebutnya sebagai gemblong kembung.

Bagi sobat yang menyukai cemilan kering ini, kripik gemblonglah sebagai pilihannya. Keripik gemblong ini sobat bisa temui di sentra oleh-oleh, toko kue kering dan juga terdapat di beberapa pasar yang ada di kota kuningan. Keripik gemblong ini memiliki ciri khas warna kuning tipis dengan oncom di tengah berwarna merah kecoklatan. Pada pemasarannya keripik gemblong ini dijual per kilo ataupun per kemasan, dengan harga yang variatif.


Demikian dalam artikel ini tentang Inilah Oleh-oleh Khas Kota Kuningan Yang Banyak disukai Orang semoga bisa bermanfaat dan menjadikan rekomendasi bilamana sobat sedang berlibur ke kota kuningan dan jangan lupa mampir dan membeli oleh-oleh yang khas dari kota kuningan ini.


Thanks for reading & sharing Garo-blog

Previous
« Prev Post

30 komentar:

  1. Tetangga ortu saya ada yang punya suami orang kuningan, kalo abis pulang kampung dia seringnya bawa oleh" peuyeum ketan ini bang,
    Pertama saya icip agak aneh tapi setelah sering makan jadinya ketagihan, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhehhe....alhamdulillah sudah mencicipi peuyeum ketan khas kuningan ternyata mas mayuf, memang enak yah pastinya mas..hhehehe

      Delete
  2. Lumayan aneh ya. Nama oleh-oleh dari kuningan dari jeniper, koecang, kepoci dan gemblong barang di gowo-gowo...

    Kekel aku..

    Kapan-kapan deh kalau sempat atau kebetulan ke kuningan saya beli oleh-olehnya terutama koecang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hheheh..itu salah nulis mas nuhan..bukan kepoci tapi tahu kopeci..hhehehe

      iyah mas ditunggu deh kehadirannya di kota kuningan mas...jangan lupa borong oleh-olehnya yah mas nuhan...

      Delete
  3. Walah, jajanan seperti ini nih yg bikin ga nahan..
    Ga nahan pangen di cemilin :D
    Kapan ya ke kuningan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mas..masih banyak lagi jajanan khas oleh-oleh kuningan mas,,makanya ayo ke kota kuningan, ditunggu deh kedatangannya mas yogi nanti sama mas Nuhan juga..pokoknya special dehh...hheheheh

      Delete
    2. Wah, siap siap..
      Nanti kalau ada waktu mungkin bisa berangkat ke sana :D

      Delete
    3. hhehhe..iysh mass ditunggu yahh mas....hhhehe
      ngeborong yahh nanti oleh-olehnya...hikhikhik

      Delete
  4. Makasih udah sharing kampung halaman saya, hehehe... Saya suka sama papais koci, peuyeum, rangginang terasi, gemblong. Wah jadi inget kampung nih, hiks hiks... Saya juga sering beli peuyeum kalo lagi maen ke tempat nenek di Cibingbin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..iyahh mas sama-sama mas..memang pada enak makananyaa mas..apalgi tahu kopeci..duhhh..dimakan sama cabe..duhh meuni mantaff deh mass...hehhe

      Delete
  5. Saya pernah icip Jeniper dan Tahu Kopeci enak pakai leupeut oncom😂 duh jafi kangen Yellowan😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhehhehe...iyahh mbaa sandraa..kapann atuhhh ke kuningannn..hikhikhik..tahu kopeci menantii nihhh,....hhehehe

      Delete
  6. Dari semua oleh-oleh khas Kuningan di atas, saya belum pernah mencoba salah satunya. Kirim ke sini dong, mbaaaa...

    ReplyDelete
  7. iyahh mba siti...enak lho mbaa....siapp mba..hhehehe

    ReplyDelete
  8. Namanya unik2 ya dan semuanya belum pernah nyoba. Klo jeniper mungkin sama dg sirup2 kemasan yg lain ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhehe..iyh mba..makanya dicoba yah nantii maknannya...iyah kalo jeniper dari segi rasanya jeruk nipis mba...segerrr pokoknya kalo abis minum jeniper..hheheh

      Delete
  9. wah semuanya buat ngiler, jenipernya ini diminum campur es enak banget kayaknya, seger, ga perlu repot lagi buat sendiri he he he..

    nah itu tape ketan kan kemasannya ember tuh, belinya harus per ember atau boleh eceran mas? ngiler juga dengan tape ketannya sudah kebayang lembutnya, rasanya pasti unik ya karena bungkusnya daun jambu, belum pernah makan tape ketan bungkus daun jambu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokonya enak banget mba jenniper pake es suegerrrr tenann lahh...hehhe

      iyah mba ada yang selain kemasan ember juga, bisa eceran tapi dibungkus plastik, enak deh pokoknya mbaa bungkusnya kan pake daun jammbu, dan memiliki ciri khas dari rasa dan aromanya mmba..sekali-kali boleh lah icip-icip mbaa...

      Delete
  10. Pernah seali ke Kuningan, ke Beber, sayang ga sempet beli oleh2 kuningan, tapi udah pernah dikasih jeniper, kirain apa taunya jeruk nipis peras hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhehe..iyah mbaa atuhh dari beber ke kuningan tinggal beberapa kilo lagi, memang gak jauh kuningan beber mba...

      iyah mba jeniper itu jeruk nipis peras mba..enakk segerrr...pokoknya lah...

      Delete
  11. Liat cemilan dan jenis makanannya mirip makanan khas Cirebon ya. Tahu Kopeci kelihatannya enak, kapan2 mampir ke Kuningan seru juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh mba mutie....emang pastinya enak mbaa...kapan-kapan mampir sinii yahh ditunggu mbaa..hhehehe

      Delete
  12. dulu pas ke Kuningan taunya peyeum tape doang ternyata ada lain2 yah penasaran sama jeniper n koecangnya hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhehhe..iyahh mba herva memang banyak makanan khas yang memiliki ciri khas daerah kota kuningan ini.

      kapan-kapan kalau ke kuningan boleh icip-icip makanan yang lainnya mbaa

      dijamin bakalan ketagihann deh mbaa..hehhe

      Delete
  13. JENIPER saya kira JENIPER Janet itu artis yang suka rambut pirang...

    ngomong ngomong soal KOTA KUNINGAN banyak menyimpan kuliner serta oleh oleh khas, termasuk 5 khas oleh oleh diatas , namun yang nomer 3 TAHU KOPECI (Tahu Lamping) saya pwaling suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhehe...bukan mas..bukan jeniper artis..wkwkwkw

      iyahh tahu kopeci memang wenak epol mass...

      Delete
  14. Biyuh biyuuuuhhh menggiurkan sekali oleh olehnya....baru tau kalo Kuningan punya makanan khas sebanyak itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhehhee..iyah mba rinaaa..banyak banget ciri khas makanan disini mba..pokoknya bikin kenyang dehh..hhehe

      makasih sudah mampir mba

      Delete
  15. Nama oleh2nya unik2 ...
    Yang paling lucu tuh jeniper 😁

    Belakangnya ngga pake Lopez kan 😂 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhahahaha....iyah mas himawan, unik unik yahh mas...

      jangan ditambahin lopez mas...bahaya, wkwkwkwk

      Delete

Search This Blog

Popular Post

Followers

Google+ Badge

Total Pageviews