Home » , , » Manisnya Tape Ketan Khas Kota Kuningan yang Enak

Manisnya Tape Ketan Khas Kota Kuningan yang Enak

garo-blog.com -   Assalamu'alaikum, sobat semuanya, bertemu kembali dengan garo-blog.com yang akan memberikan seputar berbagai informasi yang unik dan bisa memberikan info-info terkini.

Kali ini saya akan memberikan tulisan dengan Manisnya Tape Ketan Khas Kota Kuningan yang Enak dan ini merupakan sebuah makanan yang unik dan terkenal dengan Tape ketan Khas Kota Kuningan ini yang memiliki berbagai kemasan yang ditawarkan.

Manisnya Tape Ketan Khas Kota Kuningan yang Enak
Tape Ketan Khas Kuningan

Baca juga :
Enaknya rujak kangkung khas kota kuningan yang pedas
Nikmatmya kuliner Hucap khas kota kuningan
Kota Kuningan merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal dengan berbagai kuliner khasnya. Apakah kuliner tersebut? Ada rujak kangkung dan yang paling banyak menarik perhatian pengunjung adalah hucap alias tahu kecap. Meskipun banyak sekali hidangan yang dimiliki Kuningan, kurang sekali rasanya jika Anda belum mencoba yang satu ini.

Adalah peuyeum ketan atau biasa disebut tape ketan yang merupakan makanan khas Kuningan. Makanan ini memiliki cerita unik sebelum terkenal sebagai oleh-oleh khas Kuningan. Dulunya, masyarakat biasa membeli makanan ini di industri rumahan yang ramai memproduksinya dengan resep peuyeum ketan khas Kuningan ketika menjelang lebaran.

Manisnya Tape Ketan Khas Kota Kuningan yang Enak
Kemasan Tape ketan Khas Kota Kuningan
Sobat semuanya, kalian mungkin sudah mengenal dengan namanya tape, banyak didaerah lain yang memproduksi tape, tapi di kota kuningan ini dinamakan dengan namanya tape ketan. Tape ketan merupakan makanan hasil fermentasi beras ketan. Makanan ini khas dari Kota Kuningan Jawa Barat yang memiliki ciri rasanya yang legit, manis dan dikemas dengan unik di dalam ember.

Baca Juga:
Andalan Kuliner Khas Kuningan, nasi Kasreng yang menggugah seleraMencicipi enaknya seblak sianida yang menggugah selera

Nah bagi kalian yang memiliki sanak saudara di daerah kuningan, jangan lupa Tapai ketan biasanya jadi oleh-oleh khas Kuningan, bersama dengan kuliner lain seperti Jeniper/Jeruk nipis peras, opak bakar, keripik gadung, tahu kopeci dan kremes.


Manisnya Tape Ketan Khas Kota Kuningan yang Enak


Pada sebuah proses pembuatan tapai ketan dimulai dengan mengaron beras ketan mentah dengan sari daun katuk yang digunakan sebagai pewarna makanan. Setelah itu ketan ditaruh dalam wadah dan diberi ragi. Setelah itu ketan dan ragi tercampur, ketan dikemas di selembar daun jambu. Setelah itu, ketan-ketan tersebut dimasukkan dalam tempat tertutup selama 3 hari untuk proses pematangan menjadi tape.

Semoga dalam tulisan kali ini tentang Manisnya Tape Ketan Khas Kota Kuningan yang Enak bisa memberikan referensi makanan khas oleh-oleh dari kota Kuningan ini.

Thanks for reading & sharing Garo-blog

Previous
« Prev Post

10 komentar:

  1. weunak kayaknya.
    terima kasih informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyahh mass...enak tenann dehh pokoknyaa mas..hhehe

      Hapus
  2. Ternyata warna hijau itu dari daun katuk, saya kirain pake bahan pewarna, berarti pake bahan pewarna natural yaa, sedap dan sehat!!

    Thanks yaa udah sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyahh mbaa...memang enak dan pastinya aman dikonsumsinya mba...selamat mencoba mba

      Hapus
  3. kok mirip dengan tape ketanh cirebon ya? sama plek ding malahan...

    BalasHapus
  4. Jadi inget lebaran, kalau lebaran mbah suka bikin tape juga. Kadang-kadang bikin tape ketan hitam,
    Wah... Jadi pengen nih😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. wihhh, iyah mba tri saya dirumah juga sering bikin tape ketan juga mba, mengingatkan waktu moment lebaran, hhehhee

      Hapus
  5. Saya suka banget sama tape ketan, mama saya dulu sering bikin, pakai ketan beran merah, enak deh, tapi seringnya bikin pas lebaran saja sih, kalau hari biasa jarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah mba. pokokna wenakk epol dehh mba, manisnya bikin ketagihannn..hhhe

      Hapus

Cari Blog Ini

Popular Post

Pengikut

Total Tayangan Halaman